Penerapan Strategi Pembelajaran Reading Guide dengan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi pada Siswa Kelas VII G SMP Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Wahyuningsih, Endah (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Reading Guide dengan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi pada Siswa Kelas VII G SMP Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (259kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi siswa pada materi ekosistem dengan penerapan strategi reading guide dengan menggunakan macromedia flash SMP Al Islam 1 Surakarta kelas VIIG tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data kualitatif yaitu dengan menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif) mata pelajaran Biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran Biologi berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dengan kolaborator. Penelitian ini diawali dengan menyampaikan materi dengan media macromedia flash kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan diakhiri dengan kesimpulan dan post test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I ranah kognitif = 67,5 atau meningkat sebesar 4,18 dari nilai awal (63,32). Rata-rata hasil belajar pada siklus II ranah kognitif= 82,14 atau meningkat sebesar 14,64 dari siklus I; ranah afektif= 3,37 (termasuk kategori baik) atau meningkat sebesar 0,61 dari siklus I (2,76). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan rata-rata nilai kognitif (63,32<67,5<82,14) dan rata-rata nilai afektif (2,76<3,37) bahwa penerapan strategi reading guide dengan menggunakan macromedia flash pada materi ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIG SMP Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Penerapan Strategi Reading Guide, Media Macromedia Flash, Pembelajaran Aktif , Ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Apr 2012 05:39
Last Modified: 07 Apr 2012 07:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17740

Actions (login required)

View Item View Item