Puspitaningrum, Evy (2012) Studi Komparasi Kemandirian Belajar Bahasa Indonesia antara Anak Sulung dengan Anak Bungsu pada Siswa Kelas V dan Kelas VI di SD Negeri Poko Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan.pdf Download (196kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (83kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kemandirian belajar anak sulung, 2) Untuk mengetahui kemandirian belajar anak bungsu, 3) Untuk mengetahui perbedaan kemandirian dalam belajar Bahasa Indonesia antara anak sulung dan anak bungsu. Penelitian ini mengambil lokasi di SD Negeri Poko Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan kelas VI yang berjumlah 90 siswa yang terdiri dari 44 anak sulung dan 46 anak bungsu. Jumlah sampel yang diteliti yaitu 60 siswa dan jumlah masing- masing kelompok tersebut terdiri dari 30 siswa kelompok anak sulung dan 30 siswa kelompok anak bungsu. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemandirian belajar antara anak sulung dengan anak bungsu pada siswa kelas V dan kelas VI yang didukung oleh hasil analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,144 > 2,045, dengan kelompok anak bungsu ini didukung oleh hasil analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,144 > 2,045. Anak sulung lebih mandiri dibandingkan anak dengan nilai rata – rata 62,73 untuk kelompok anak sulung dan 54,70 untuk kelompok anak bungsu.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 07 Apr 2012 05:37 |
Last Modified: | 07 Apr 2012 08:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17735 |
Actions (login required)
View Item |