Studi Komparasi Kemandirian Belajar Bahasa Indonesia antara Anak Sulung dengan Anak Bungsu pada Siswa Kelas V dan Kelas VI di SD Negeri Poko Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2011/2012

Puspitaningrum, Evy (2012) Studi Komparasi Kemandirian Belajar Bahasa Indonesia antara Anak Sulung dengan Anak Bungsu pada Siswa Kelas V dan Kelas VI di SD Negeri Poko Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan.pdf

Download (196kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kemandirian belajar anak sulung, 2) Untuk mengetahui kemandirian belajar anak bungsu, 3) Untuk mengetahui perbedaan kemandirian dalam belajar Bahasa Indonesia antara anak sulung dan anak bungsu. Penelitian ini mengambil lokasi di SD Negeri Poko Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan kelas VI yang berjumlah 90 siswa yang terdiri dari 44 anak sulung dan 46 anak bungsu. Jumlah sampel yang diteliti yaitu 60 siswa dan jumlah masing- masing kelompok tersebut terdiri dari 30 siswa kelompok anak sulung dan 30 siswa kelompok anak bungsu. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemandirian belajar antara anak sulung dengan anak bungsu pada siswa kelas V dan kelas VI yang didukung oleh hasil analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,144 > 2,045, dengan kelompok anak bungsu ini didukung oleh hasil analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,144 > 2,045. Anak sulung lebih mandiri dibandingkan anak dengan nilai rata – rata 62,73 untuk kelompok anak sulung dan 54,70 untuk kelompok anak bungsu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 07 Apr 2012 05:37
Last Modified: 07 Apr 2012 08:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17735

Actions (login required)

View Item View Item