Krisdiananti, Fenesia (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Van Hiele Pada Siswa Kelas V SD Negeri II Nungkulan Girimarto Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (470kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (112kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB.IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB.V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (59kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (847kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika melalui pembelajaran Van Hiele pada siswa kelas V SD Negeri II Nungkulan, Girimarto, Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri II Nungkulan Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri II Nungkulan yang berjumlah 13 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Obyek penelitian adalah pembelajaran matematika menggunakan strategi pembelajaran van hiele. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, metode tes, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri II Nungkulan. Hal tersebut dibuktikan dari prosentase ketuntasan belajar saat tes pratindakan sebesar 38,46 % dengan rata-rata nilai 62,15, setelah dilakukan tindakan pada siklus I prosentase ketuntasan yang diperoleh 53,85 % dengan rata-rata nilai 65 dan pada saat siklus II sebesar 84,62 % dengan rata-rata nilai 69,61. Dengan demikian peningkatan hasil belajar matematika sejak prasiklus sampai siklus dua mencapai 46,16 %. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapakan pembelajaran Van Hiele dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri II Nungkulan Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pembelajaran Van Hiele |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Apr 2012 11:29 |
Last Modified: | 05 Apr 2012 11:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17729 |
Actions (login required)
View Item |