Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Van Hiele Pada Siswa Kelas V SD Negeri II Nungkulan Girimarto Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012

Krisdiananti, Fenesia (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Van Hiele Pada Siswa Kelas V SD Negeri II Nungkulan Girimarto Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (470kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB.IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB.V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika melalui pembelajaran Van Hiele pada siswa kelas V SD Negeri II Nungkulan, Girimarto, Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri II Nungkulan Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri II Nungkulan yang berjumlah 13 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Obyek penelitian adalah pembelajaran matematika menggunakan strategi pembelajaran van hiele. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, metode tes, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri II Nungkulan. Hal tersebut dibuktikan dari prosentase ketuntasan belajar saat tes pratindakan sebesar 38,46 % dengan rata-rata nilai 62,15, setelah dilakukan tindakan pada siklus I prosentase ketuntasan yang diperoleh 53,85 % dengan rata-rata nilai 65 dan pada saat siklus II sebesar 84,62 % dengan rata-rata nilai 69,61. Dengan demikian peningkatan hasil belajar matematika sejak prasiklus sampai siklus dua mencapai 46,16 %. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapakan pembelajaran Van Hiele dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri II Nungkulan Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Van Hiele
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Apr 2012 11:29
Last Modified: 05 Apr 2012 11:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17729

Actions (login required)

View Item View Item