Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Menerapkan Model Complete Sentence pada Siswa Kelas V SD Negeri Dersansari 01 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2011/2012

Sagita, Maulana Hendry (2012) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Menerapkan Model Complete Sentence pada Siswa Kelas V SD Negeri Dersansari 01 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (510kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan penerapan model Complete Sentence pada siswa kelas V SD Negeri Dersansari 01 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Dersansari 01 Suruh yang berjumlah 27 siswa. Tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan test. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan menjawab hipotesis penelitian yaitu: Penggunaan model Complete Sentence dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Dersansari 01 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Dibuktikan dengan hasil analisis data rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dari hasil pembelajaran siklus I 70,37% yang tuntas belajar sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 92,59%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Complete Sentence dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar Bahasa Indonesia, model pembelajaran Complete Sentence
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Apr 2012 11:00
Last Modified: 05 Apr 2012 11:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17727

Actions (login required)

View Item View Item