Shobfitry, Intan Ary (2012) Studi Perbandingan Penerapan Metode Demonstrasi dan Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (268kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (105kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada perbedaan hasil belajar matematika antara penerapan metode demonstrasi dan metode penemuan terbimbing dan apakah hasil belajar matematika melalui penggunaan metode demonstrasi lebih baik dibandingkan dengan penggunaan metode penemuan terbimbing. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta. Kelas VA berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran dengan metode demonstrasi dan kelas VB berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan metode penemuan terbimbing. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Untuk uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas tes. Teknik uji prasyarat data analisis menggunakan uji normalitas. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika antara penerapan metode demonstrasi dan metode penemuan terbimbing dan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan metode demonstrasi lebih baik dibandingkan dengan penggunaan metode penemuan terbimbing. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas VA sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode demonstrasi adalah 77,17, sedangkan kelas VB yang menggunakan metode penemuan terbimbing memiliki nilai rata-rata 75,00.. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa kelas V yang menggunakan metode demonstrasi dan metode penemuan terbimbing dan hasil belajar matematika siswa kelas Vdengan menggunakan metode demonstrasi lebih baik daripada penggunaan metode penemuan terbimbing
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar matematika, metode demonstrasi, dan metode penemuan terbimbing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Apr 2012 10:46 |
Last Modified: | 05 Apr 2012 10:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17725 |
Actions (login required)
View Item |