Arifin, Zainal (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Berpenyebut tidak sama Melalui Teknik Induksi Kelas V Semester II SD N 02 Malanggaten Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (84kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf Download (104kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Lampiran )
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan berpenyebut tidak sama bagi siswa kelas V SD Negeri 02 Malanggaten tahun pelajaran 2011/2012 melalui teknik induksi. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif dan mengacu pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rumusan masalah yaitu: Apakah dengan menggunakan teknik induksi ada peningkatan hasil belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan berpenyebut tidak sama bagi siswa kelas V SD Negeri 02 Malanggaten tahun pelajaran 2011/2012? Data penelitian ini untuk menginformasikan bahwa peningkatan hasil belajar matematika bagi siswa kelas V dengan penggunaan tehnik induksi. Subyek penelitian adalah Guru dan Siswa kelas V SD Negeri 02 Malanggaten sedangkan Objek penelitiannya adalah pelajaran Matematika dengan menggunakan teknik induksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi partisipasif, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian yaitu : lembar observasi, daftar kelas V SD Negeri 02 Malanggaten, daftar nilai. Tehnik analisis data dengan menggunakan tehnik deskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian akhir menunjukkan siswa mencapai ketuntasan belajar dengan KKM ≥ 70, pada siklus I sebesar 63,33 %, siklus II 68,15 %, siklus III 80,19 %. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik induksi ada peningkatan hasil belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan berpenyebut tidak sama bagi siswa kelas V SD Negeri 02 Malanggaten Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar siswa, teknik induksi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 05 Apr 2012 09:30 |
Last Modified: | 05 Apr 2012 09:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17717 |
Actions (login required)
View Item |