Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Berpenyebut tidak sama Melalui Teknik Induksi Kelas V Semester II SD N 02 Malanggaten Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Arifin, Zainal (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Berpenyebut tidak sama Melalui Teknik Induksi Kelas V Semester II SD N 02 Malanggaten Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran )
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan berpenyebut tidak sama bagi siswa kelas V SD Negeri 02 Malanggaten tahun pelajaran 2011/2012 melalui teknik induksi. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif dan mengacu pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rumusan masalah yaitu: Apakah dengan menggunakan teknik induksi ada peningkatan hasil belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan berpenyebut tidak sama bagi siswa kelas V SD Negeri 02 Malanggaten tahun pelajaran 2011/2012? Data penelitian ini untuk menginformasikan bahwa peningkatan hasil belajar matematika bagi siswa kelas V dengan penggunaan tehnik induksi. Subyek penelitian adalah Guru dan Siswa kelas V SD Negeri 02 Malanggaten sedangkan Objek penelitiannya adalah pelajaran Matematika dengan menggunakan teknik induksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi partisipasif, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian yaitu : lembar observasi, daftar kelas V SD Negeri 02 Malanggaten, daftar nilai. Tehnik analisis data dengan menggunakan tehnik deskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian akhir menunjukkan siswa mencapai ketuntasan belajar dengan KKM ≥ 70, pada siklus I sebesar 63,33 %, siklus II 68,15 %, siklus III 80,19 %. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik induksi ada peningkatan hasil belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan berpenyebut tidak sama bagi siswa kelas V SD Negeri 02 Malanggaten Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa, teknik induksi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 05 Apr 2012 09:30
Last Modified: 05 Apr 2012 09:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17717

Actions (login required)

View Item View Item