Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Semester 3 Kelas RSBI dan Reguler Ditinjau dari Kelompok Mata Kuliah

Peristiwa, Veny Ari (2012) Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Semester 3 Kelas RSBI dan Reguler Ditinjau dari Kelompok Mata Kuliah. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) perbedaan yang signifikan hasil belajar antara mahasiswa RSBI dan mahasiswa reguler, (2) perbedaan yang signifikan hasil belajar antara mahasiswa RSBI dan reguler terletak pada kelompok mata kuliah. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa UMS Program Studi Pendidikan Matematika. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 54 mahasiswa, yang terdiri dari 24 mahasiswa dari kelas RSBI dan 30 mahasiswa dari kelas reguler. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling sistematik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U-Test, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji levene untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara mahasiswa kelas RSBI dan reguler dan hasil belajar mahasiswa kelas reguler lebih baik dari mahasiswa RSBI, dengan probabilitas signifikansi 0,003. (2) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelas RSBI dan Reguler pada kelompok mata kuliah tertentu, yaitu pada kelompok mata kuliah MPB, dengan probabilitas signifikansi 0,000.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil - Belajar, RSBI, Mata Kuliah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 05 Apr 2012 06:06
Last Modified: 05 Apr 2012 07:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17703

Actions (login required)

View Item View Item