Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Card Sort dengan Setting Kelas Berbentuk “U” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi pada Materi Ekosistem Kelas VII B SMP Negeri 3 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran2011/2012

Untari, Dyah Ayu (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Card Sort dengan Setting Kelas Berbentuk “U” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi pada Materi Ekosistem Kelas VII B SMP Negeri 3 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPANKU.pdf

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BABV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran kelas VII B SMPN 3 Colomadu Karanganyar yang terdapat kelemahan, antara lain: partisipasi siswa masih rendah, siswa ramai dan tidak aktif, pembelajaran masih berpusat pada guru, hal ini yang mengakibatkan hasil belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif maupun aspek afektif pada materi ekosistem kelas VII B SMPN 3 Colomadu Karanganyar tahun ajaran 2011/2012 dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif Card Sort dengan setting kelas berbentuk U. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan refleksi yang terlaksana sebanyak 2 siklus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan 3 langkah, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data. Sumber data diperoleh dari hasil belajar siswa (aspek kognitif) mata pelajaran biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dan kolaborator. Penelitian ini diawali menyampaikan materi dengan strategi pembelajaran aktif Card Sort dengan setting kelas berbentuk U yang diakhiri kesimpulan dan pelaksanaan post-test setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar di setiap siklus. Banyaknya siswa yang tuntas KKM (> 7,0) sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (28,13%), siklus I meningkat menjadi 19 siswa (59,40%) dan pada sikus II sebesar 29 siswa (90,63%). Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 5,84 meningkat pada siklus I yaitu 7,45 dan pada siklus II menjadi 8,11. Rata-rata hasil belajar siswa aspek afektif dari penskoran indikator, skor nilai pada siklus I adalah 10,63 dengan kriteria kurang berminat, dan meningkat menjadi kriteria berminat pada siklus II dengan skor nilai 15,44. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif Card Sort dengan setting kelas berbentuk U dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan afektif pada materi ekosistem kelas VII B SMPN 3 Colomadu Karanganyar tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A420/2012-08
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar kognitif, afektif, Card Sort, setting kelas berbentuk U, ekosistem.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Apr 2012 07:00
Last Modified: 21 Jun 2012 09:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17675

Actions (login required)

View Item View Item