Rahmawati, Anisa (2011) Pengaruh Cara Mengatasi Kesulitan Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Kualitas Pembelajaran Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
02._Pra_Halaman.pdf Download (185kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh cara siswa mengatasi kesulitan belajar terhadap prestasi belajar siswa. 2) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang kualitas pembelajaran guru terhadap prestasi belajar siswa.3) Untuk mengetahui pengaruh cara siswa mengatasi kesulitan belajar dan persepsi siswa tentang kualitas pembelajaran guru terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Surakarata yang jumlahnya 148 siswa. Sampel diambil sebanyak 100 siswa dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 51,211 + 0,184X1 + 0,269X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruh oleh Cara Siswa Mengatasi Kesulitan Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Kualitas Pembelajaran Guru. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh positif antara Cara Siswa Mengatasi Kesulitan Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa kelas VIII SMP N 17 Surakarta tahun ajaran 2011-2012 dapat diterima. Hal ini berdasarkan uji analisis regesi linear ganda untuk variabel Cara siswa mengatsi kesulitan belajar thitung > ttabel, yaitu 3,119 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001dengan sumbangan relatif sebesar 48% dan sumbangan efektif 12.52%. 2)Ada pengaruh positif antara Persepsi Siswa Tentang Kualitas Pembelajaran Guru terhadap Prestasi Belajar siswa kelas VIII SMP N 17 Surakarta tahun ajaran 2011-2012 dapat diterima. Hal ini berdasarkan uji analisis regesi linear ganda untuk variabel Persepsi Siswa Tentang Kualitas Pembelajaran Guru thitung > ttabel, yaitu 3.919 > 2.000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002, dengan sumbangan relatif sebesar 52% dan sumbangan efektif 13.57%. 3) Ada pengaruh positif antara Cara Siswa Mengatasi Kesulitan Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Kualitas Pembelajaran Guru terhadap Prestasi Belajar siswa kelas VIII SMP N 17 Surakarta tahun ajaran 2011-2012 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa regresi linear ganda atau uji F diketahui bahwa nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 17.874 > 3.090 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0.261 xvi menunjukkan bahwa pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel Cara Siswa Mengatasi Kesulitan Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Kualitas Pembelajaran Guru terhadap Prestasi Belajar siswa adalah sebesar 26.09% sedangkan 73.91% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Cara Siswa Mengatasu Kesulitan Belajar, Persepsi Siswa Tentang Kualitas Pembelajaran Guru, Prestasi Belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cara Siswa Mengatasu Kesulitan Belajar, Persepsi Siswa Tentang Kualitas Pembelajaran Guru, Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 03 Apr 2012 09:28 |
Last Modified: | 03 Apr 2012 09:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17668 |
Actions (login required)
View Item |