Utami, Endrayani (2012) Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Collaborative Learning Group Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada siswa Kelas X AK SMK Muhammadiyah 2 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_awal_skripsi.pdf Download (73kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiranku_(Repaired).pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Collaborative Learning Group efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus di mana masing-masing siklus dilalui dengan tujuh tahapan, yaitu: (1) dialog awal, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan tindakan, (4) observasi, (5) refleksi, (6) evaluasi, (7) penyimpulan hasil. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X AK SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 30 siswa dengan komposisi semua siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama dengan guru mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik evaluasi berupa latihan terkontrol. Hasil penelitian ini yaitu strategi pembelajaran collaborative learning group efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas X AK SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Hal tersebut didukung oleh fakta-fakta sebagai berikut: (1) Keaktifan di awal apresepsi siswa pada putaran I adalah 46,67% dan pada putaran II meningkat mencapai 56,67%; (2) Antusias siswa dalam proses pembelajaran pada pada putaran I adalah 33,33% dan pada putaran II mencapai 53,33%; (3) Tanggung jawab terhadap hasil pekerjaan secara individu/kelompok pada putaran I adalah 46,67% dan pada putaran II mencapai 66,67%; (4) Menanggapi secara positif dorongan dari guru/siswa yang lain pada putaran I mencapai 53,33% dan pada putaran II mencapai 63,33%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Collaborative Learning Group dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | collaborative learning group, motivasi belajar, matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Apr 2012 07:32 |
Last Modified: | 03 Apr 2012 07:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17662 |
Actions (login required)
View Item |