Sasanti, Nikmah Abas (2012) Studi Perbandingan Penggunaan Metode Tebak Kata dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas IV SD Negeri I Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Univesitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
00._HALAM_DEPAN.pdf Download (54kB) |
|
|
PDF (Bab.1)
01._BAB_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab.II)
02._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (Bab.III)
03._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
PDF (Bab.IV)
04._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
PDF (Bab.V)
05._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
06._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
07._LAMPIRAN_.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perbedaan penggunaan metode tebak kata dan metode ceramah pada hasil belajar bidang studi IPA materi makhluk hidup pada siswa Kelas IV SD N 1 Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012; 2) Untuk mengetahui lebih baik mana hasil belajar bidang studi IPA materi makhluk hidup antara penggunaan metode Tebak kata dibandingkan metode ceramah pada siswa Kelas IV SD 1 Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Delanggu tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 2 kelas yang berjumlah 60 siswa. Sampel diambil 40 siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Hasil analisis menunjukkan pada tingkat kesalahan 5% hipotesis penelitian yang menyebutkan ”Terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diajar menggunakan metode tebak kata dan metode ceramah pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012” dapat diterima. Berdasarkan uji t diperoleh thitung < ttabel, yaitu 0,682 < 2,024. Hasil belajar IPA yang diajar menggunakan metode tebak kata lebih baik jika dibandingkan yang menggunakan metode ceramah pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Delanggu Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan nilai rata rata kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol (77,25 > 68,50).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A510/2012-08 |
Uncontrolled Keywords: | Metode Tebak Kata, Metode Ceramah, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 02 Apr 2012 10:03 |
Last Modified: | 25 Jun 2012 09:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17642 |
Actions (login required)
View Item |