Mawar Tunggal, Tyas (2012) Penerapan Strategi Role Playing dikolaborasikan dengan Debat Aktif sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran PKn pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 22 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran )
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VII C SMP Negeri 22 Surakarta melalui Penerapan Strategi Role Playing dikolaborasikan dengan Debat Aktif. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 22 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran, serta dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan metode wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakan tindakan tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn kelas VII C SMP Negeri 22 Surakarta Tahun 2011/2012, sesuai dengan indikator hanya sebanyak 6 siswa (18,75%). Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu melalui Penerapan Strategi Role Playing dikolaborasikan dengan Debat Aktif dalam proses pembelajaran PKn diperoleh hasil yaitu pada siklus I meningkat menjadi 17 siswa (53,12%). Setelah dilakukan tindakan yang direvisi pada siklus II meningkat menjadi 25 siswa (78,12%). Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator kinerja yaitu diharapkan dengan Penerapan Strategi Role Playing dikolaborasikan dengan Debat Aktif, keaktifan dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VII C SMP Negeri 22 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012 dapat meningkat minimal 75% dari 32 siswa. Berdasarkan data hasil penelitian kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan menerapkan Strategi Role Playing dikolaborasikan dengan Debat Aktif dapat meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VII C SMP Negeri 22 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, Strategi Role Playing, Debat Aktif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 02 Apr 2012 05:38 |
Last Modified: | 02 Apr 2012 06:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17637 |
Actions (login required)
View Item |