Strategi Pembelajaran Matematika Sekolah Luar Biasa Tunagrahita (Studi Fenomenologi Slb-C Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012)

MANDAKINI, NOOR FITRIA (2012) Strategi Pembelajaran Matematika Sekolah Luar Biasa Tunagrahita (Studi Fenomenologi Slb-C Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (537kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH LUAR BIASA TUNAGRAHITA (Studi Fenomenologi di SLB N Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012) Noor Fitria Mandakini, A410080356, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012, 67 Halaman Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan strategi pengorganisasian penyampaian materi, strategi pengorganisasian interaksi pembelajaran matematika di SLB Negeri Surakarta dan kebermaknaan strategi pengorganisasian pembelajaran guru pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi fenomenologi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru-guru SLB dan siswa SLB N Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan second order understanding. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Strategi penyampaian materi pembelajaran di SLB N Surakarta menggunakan beberapa metode untuk menyampaikan materi pembelajaran matematika. Metode pembelajarannya yaitu ceramah, diskusi, tanya jawab, drill dan problem solving, media gambar. Dalam penyampaian materi menggunakan CTL, (2) Strategi pengorganisasian interaksi pembelajaran matematika meliputi dua aspek yaitu interaksi guru dengan siswa dan interaksi siswa dengan siswa. Dengan adanya kerjasama interaksi yang bagus baik guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa dalam pembelajaran menimbulkan semangat dan motivasi dalam pembelajaran matematika sehingga menciptakan suasana yang kondusif dan nyaman, (3) Kebermaknaan strategi pengorganisasian guru pada pembelajaran pembelajaran matematika adalah strategi pembelajaran yang aktif meliputi interaksi antar komponen dan melibatkan seluruh aspek indra dan nalar. Beberapa peran guru adalah guru sebagai sumber belajar, guru sebagai fasilitator, guru sebagai pengelola, guru sebagai demonstrator, guru sebagai pembimbing, guru sebagai motivator dan guru sebagai evaluator.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Luar Biasa Tunagrahita, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengorganisasian, Materi, Interaksi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 30 Mar 2012 11:03
Last Modified: 30 Mar 2012 11:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17633

Actions (login required)

View Item View Item