Yuliati, Yuliati (2012) Peningkatan Ketrampilan Menulis Pengalaman Pribadi Melalui Teknik Menulis Terbimbing Dengan Media Reka Gambar Album Kenangan Pada Siswa Kelas VII A SMP N 3 Sawit Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (200kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (35kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (71kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi melalui penerapan teknik menulis terbimbing dan media reka gambar album kenangan pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Sawit. (2) Mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Sawit setelah mengikuti pembelajaran menulis pengalaman pribadi melalui penerapan teknik menulis terbimbing dan media reka gambar album kenangan pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Sawit. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah tes dan nontes. Instrumen tes adalah instrumen yang berupa tes subjektif atau tes perbuatan yang berisi perintah pada siswa untuk menulis pengalaman pribadi melalui penerapan teknik menulis terbimbing dan media reka gambar album kenangan. Tes ini digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis pengalaman pribadi. Instrumen nontes digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif, yaitu perubahan perilaku siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif dipakai untuk menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes menulis pengalaman pribadi melalui teknik menulis terbimbing dan media reka gambar album kenangan pada siklus I dan siklus II. Teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis data kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari data nontes yaitu hasil observasi, jurnal, dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan teknik menulis terbimbing dan media reka gambar album kenangan dalam pembelajaran menulis pengalaman pribadi terbukti mampu meningkatkan keterampilan menulis pengalaman pribadi siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Sawit Tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini terlihat pada peningkatan hasil tes kemampuannya menulis pengalaman pribadi dari siklus hingga siklus II yang mengalami peningkatan. Hasil siklus I nilai rata-rata klasikal sebesar 65,3 (cukup), dan siklus II mencapai nilai rata-rata klasiklal sebesar 75,8 (baik).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A310/2012-24 |
Uncontrolled Keywords: | Ketrampilan Menulis, Media Reka Gambar, Album Kenangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 30 Mar 2012 10:12 |
Last Modified: | 19 Jun 2012 06:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17621 |
Actions (login required)
View Item |