Peningkatan Ketrampilan Menulis Pengalaman Pribadi Melalui Teknik Menulis Terbimbing Dengan Media Reka Gambar Album Kenangan Pada Siswa Kelas VII A SMP N 3 Sawit Tahun Ajaran 2011/2012

Yuliati, Yuliati (2012) Peningkatan Ketrampilan Menulis Pengalaman Pribadi Melalui Teknik Menulis Terbimbing Dengan Media Reka Gambar Album Kenangan Pada Siswa Kelas VII A SMP N 3 Sawit Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (200kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi melalui penerapan teknik menulis terbimbing dan media reka gambar album kenangan pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Sawit. (2) Mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Sawit setelah mengikuti pembelajaran menulis pengalaman pribadi melalui penerapan teknik menulis terbimbing dan media reka gambar album kenangan pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Sawit. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah tes dan nontes. Instrumen tes adalah instrumen yang berupa tes subjektif atau tes perbuatan yang berisi perintah pada siswa untuk menulis pengalaman pribadi melalui penerapan teknik menulis terbimbing dan media reka gambar album kenangan. Tes ini digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis pengalaman pribadi. Instrumen nontes digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif, yaitu perubahan perilaku siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif dipakai untuk menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes menulis pengalaman pribadi melalui teknik menulis terbimbing dan media reka gambar album kenangan pada siklus I dan siklus II. Teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis data kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari data nontes yaitu hasil observasi, jurnal, dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan teknik menulis terbimbing dan media reka gambar album kenangan dalam pembelajaran menulis pengalaman pribadi terbukti mampu meningkatkan keterampilan menulis pengalaman pribadi siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Sawit Tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini terlihat pada peningkatan hasil tes kemampuannya menulis pengalaman pribadi dari siklus hingga siklus II yang mengalami peningkatan. Hasil siklus I nilai rata-rata klasikal sebesar 65,3 (cukup), dan siklus II mencapai nilai rata-rata klasiklal sebesar 75,8 (baik).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A310/2012-24
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan Menulis, Media Reka Gambar, Album Kenangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Mar 2012 10:12
Last Modified: 19 Jun 2012 06:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17621

Actions (login required)

View Item View Item