Persepsi Guru Matematika SMP SE-KECAMATAN JATINOM KABUPATEN KLATEN Terhadap Pengisterasian Pendidikan Karekter Dalam Pembelajaran

WIDAYATI, ARI (2012) Persepsi Guru Matematika SMP SE-KECAMATAN JATINOM KABUPATEN KLATEN Terhadap Pengisterasian Pendidikan Karekter Dalam Pembelajaran. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (118kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru matematika SMP se-kecamatam Jatinom kabupaten Klaten terhadap pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Informan adalah guru matematika SMP se-kecamatan Jatinom. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan angket dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data digunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian (1) Pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran adalah suatu penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia dari siswa secara utuh dan terpadu; (2) Latar belakang munculnya pendidikan karakter saat ini, didorong oleh beberapa permasalahan komplek yang saat ini sedang melanda bangsa Indonesia. Permasalahan yang dimaksud antara lain : korupsi, narkoba, perkelahian, asusila, pembunuhan dan tawuran pelajar. Selain itu, perilaku siswa di sekolah terkadang belum bisa menunjukkan sikap baik. Banyak siswa yang perlu belajar untuk bisa menghormati dan menghargai guru ataupun sesama temannya; (3) Bentuk pembelajaran dalam pendidikan karakter dibuat dengan cara diintegrasikan pada semua mata pelajaran, bukan dengan penambahan mata pelajaran baru tentang pendidikan karakter. Hal ini karena setiap mata pelajaran pasti mempunyai karakter yang berbeda-beda serta untuk menjaga efisiensi waktu jam pelajaran disekolah. Selain itu, pada mata pelajaran Agama dan Kewarganegaraan secara tidak langsung pendidikan karakter telah terintegrasi di dalamnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A410/2012-02
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pengintegrasian, Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 29 Mar 2012 10:39
Last Modified: 21 Jun 2012 06:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17602

Actions (login required)

View Item View Item