Astuti, Noer Fitria Dwi (2012) Penggunaan Media Iklan Untuk Meningkatkan Menulis Persuasi Pada Siswa Kelas X Smk Muhammadiyah 4 SragenTahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (235kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia materi tentang penggunaan media iklan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas X SMK Muhammadiyah 4 Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Sebelum diberi tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan berbagai cara yaitu dengan memberikan pertanyaan untuk merangsang keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan media untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Subyek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 4 Sragen yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung dan wawancara pelaksanaan tindakan kelas ini di lakukan melalui 2 Siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia materi Menulis Persuasi pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 4 Sragen dan yang aktif mendengarkan, bertanya, menjawab pertanyaan yaitu sebelum diadakan tindakan dengan menggunakan media iklan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa sebanyak 11 ( 46 % ) siswa, setelah diadakan tindakan menggunakan media iklan, pada Siklus I keaktifan siswa meningkat 15 ( 56 % ) siswa, dan pada Siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 17 ( 72 % ) siswa. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini menyatakan peningkatan kemampuan menulis persuasi pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 4 Sragen tahun pelajaran 2010/2011 terbuktikan dan dapat di terima keberadaannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penggunaan media iklan, menulis persuasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 Mar 2012 09:37 |
Last Modified: | 29 Mar 2012 09:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17588 |
Actions (login required)
View Item |