Penerapan Strategi Pembelajaran Bermain Jawaban Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Bedoro 2 Sambungmacan Sragen pada tahun 2011/2012

SETYAWAN, BUDI (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Bermain Jawaban Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Bedoro 2 Sambungmacan Sragen pada tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (285kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Bedoro 2 Sambungmacan Sragen dalam pembelajaran IPA dengan materi gaya dan energi serta perubahannya dengan menggunakan strategi pembelajaran bermain jawaban. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas IV. Subyek yang melakukan tindakan penelitian adalah peneliti dibantu oleh guru kelas IV, sedangkan subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Bedoro 2 Sambungmacan yang berjumlah 15 siswa, terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Sedangkan obyek penelitian dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA. Data dikumpulkan melalui metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap reduksi, tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil ini dapat dilihat dari prosentase hasil belajar yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 70, yaitu sebelum tindakan sebanyak 53,33% (8 siswa), siklus I sebanyak 73,33% (11 siswa), dan siklus II sebanyak 80% (12 siswa). Serta dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata kelas, yaitu sebelum tindakan 65,33 meningkat menjadi 74,67 pada siklus I, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 77,33. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran bermain jawaban dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran siswa kelas IV IPA SD Negeri 2 Sambungmacan tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran bermain jawaban, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Mar 2012 07:43
Last Modified: 29 Mar 2012 07:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17585

Actions (login required)

View Item View Item