Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Picture and Picture Pada Siswa Kelas IV SDN Mojodoyong 4 Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012

WAHYUDI, IHSAN (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Picture and Picture Pada Siswa Kelas IV SDN Mojodoyong 4 Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan motivasi belajar siswa melalui metode Picture and Picture pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Mojodoyong 4 Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Ditinjau dari jenisnya penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Mojodoyong 4 yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, atau observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis data yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah penerapan metode Picture and Picture dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga hasil belajar IPS pada materi kegiatan ekonomi siswa kelas IV SDN Mojodoyong 4 Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012 meningkat. Hal ini terbukti dari peningkatan prosentase motivasi belajar siswa yang semula hanya 57,1%. Pada Siklus I meningkat menjadi 68,6% ( mengalami peningkatan sebesar 11,5%). Sedangkan pada Siklus II motivasi belajar yang dicapai 91,4% ( mengalami peningkatan sebesar 23,8%)

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode Picture and Picture, motivasi belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Mar 2012 10:49
Last Modified: 28 Mar 2012 10:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17571

Actions (login required)

View Item View Item