Novitasari, Ismi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Strategi Guide Note Taking Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Cakraningratan No.32 Kecamatan Laweyan Surakarta tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (178kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (249kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (127kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia, hanya 45,5% dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai 65,memenuhi KKM, Metode yang digunakan masih konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan strategi pembelajaran Guide Note Taking pada siswa kelas IV SD Negeri Cakraningratan No.32, Kecamatan Laweyan, Surakarta. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Cakraningratan No.32 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Hasil tindakan kelas ini melalui dua siklus: pada siklus I dari 24 siswa yang masuk terdapat 14 siswa (58,33%) yang mendapatkan nilai 65, sesuai KKM. Pada siklus II ada peningkatan hasil belajar siswa sejumlah 27,38% dari siklus I. Dari nilai hasil belajar 21 siswa yang masuk ada 18 siswa (85,71%) yang mendapat nilai 65, sesuai KKM. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi strategi pembelajaran Guide Note Taking dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri Cakraningratan No.32 Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran Guide Note Taking, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Mar 2012 10:36 |
Last Modified: | 28 Mar 2012 10:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17569 |
Actions (login required)
View Item |