Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Strategi Guide Note Taking Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Cakraningratan No.32 Kecamatan Laweyan Surakarta tahun 2011/2012

Novitasari, Ismi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Strategi Guide Note Taking Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Cakraningratan No.32 Kecamatan Laweyan Surakarta tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (178kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (249kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia, hanya 45,5% dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai  65,memenuhi KKM, Metode yang digunakan masih konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan strategi pembelajaran Guide Note Taking pada siswa kelas IV SD Negeri Cakraningratan No.32, Kecamatan Laweyan, Surakarta. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Cakraningratan No.32 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Hasil tindakan kelas ini melalui dua siklus: pada siklus I dari 24 siswa yang masuk terdapat 14 siswa (58,33%) yang mendapatkan nilai  65, sesuai KKM. Pada siklus II ada peningkatan hasil belajar siswa sejumlah 27,38% dari siklus I. Dari nilai hasil belajar 21 siswa yang masuk ada 18 siswa (85,71%) yang mendapat nilai  65, sesuai KKM. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi strategi pembelajaran Guide Note Taking dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri Cakraningratan No.32 Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran Guide Note Taking, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Mar 2012 10:36
Last Modified: 28 Mar 2012 10:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17569

Actions (login required)

View Item View Item