Penerapan Metode Eksperimen Terbimbing dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN 03 Karanganyar Tahun Pelajaran2011/2012

Setyaningrum, Novita Wiwin (2012) Penerapan Metode Eksperimen Terbimbing dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN 03 Karanganyar Tahun Pelajaran2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._HAL_DEPAN.pdf

Download (238kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode eksperimen terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 03 Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) atau (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 03 Karanganyar pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 25 anak. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Alat analisis data yang digunakan dengan analisis per siklus. Kesimpulan dari hasil penelitian ini: (1) Dalam proses pembelajaran IPA sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD N 03 Karanganyar melalui metode eksperimen terbimbing, guru melakukan perbaikan pembelajaran antara lain proses pembelajaran dipusatkan kepada siswa, siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, guru bertindak sebagai fasilitator; (2) Pemberian tindakan-tindakan yang efektif, dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dililihat dalam pencapaian indikator kinerja dalam penelitian adalah apabila 70% siswa dapat mencapai nilai melebihi KKM. Dalam pelaksanaannya nilai rata-rata pada siklus II sebesar 73,20 dengan katagori siswa yang tuntas ada 23 siswa (92,0%) dan yang belum tuntas ada 2 siswa (8,0%). Jadi berdasarkan hasil penelitian tersebut maka hipotesis tindakan yang dirumuskan: “Penerapan metode eksperimen terbimbing dapat meningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD N 03 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012” dapat diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 28 Mar 2012 08:56
Last Modified: 28 Mar 2012 08:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17558

Actions (login required)

View Item View Item