Optimalisasi Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Scramble Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa ( PTK Kelas VIII Semester Ganjil MTs Muhammadiyah Blimbing Tahun Ajaran 2010/2011 )

Wijayanti, Fitria Mia (2012) Optimalisasi Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Scramble Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa ( PTK Kelas VIII Semester Ganjil MTs Muhammadiyah Blimbing Tahun Ajaran 2010/2011 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (300kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi Scramble. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIIF MTs Muhammadiyah Blimbing, yang berjumlah 40 siswa. Obyek penelitian adalah pemahaman konsep belajar siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik dari analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur dan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator Pemahaman konsep belajar yang meliputi: 1) Antusias dalam pembelajaran sebelum tindakan 11,4% dan di akhir tindakan 77,5%, 2) memberi penjelasan ke siswa lain sebelum tindakan 5,7%, dan di akhir tindakan 47,5%, 3) memberi tanggapan sebelum tindakan 5,7%,dan di akhir tindakan 37,5%, 4) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 8,6%, dan di akhir tindakan 55%, 5) menanyakan materi belum jelas sebelum tindakan 12,5 %, dan di akhir tindakan 57,5%. Lebih jauh rata – rata nilai siswa meningkat dari 48,55 menjadi 74,37. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Scramble dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A410/2012-03
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep siswa, strategi scramble
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Mar 2012 07:50
Last Modified: 21 Jun 2012 06:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17556

Actions (login required)

View Item View Item