Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Berpikir-Berpasangan-Berempat Pada Murid Kelas IV SDN 2 Jipangan Tahun 2011/2012

Tristiwi, Dwi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Berpikir-Berpasangan-Berempat Pada Murid Kelas IV SDN 2 Jipangan Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (301kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan model cooperative learning tipe berpikir-berpasangan-berempat. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Jipangan Banyudono Boyolali yang berjumlah 20 siswa.Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Validitas data yang digunakan alnalytical triangulation yang meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik; dan juga validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi Gaya. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa yang mengalami peningkatan pada aspek: tanggungjawab siswa terhadap tugas 60% pada siklus I, 85% pada siklus II. Perhatian siswa terhadap penjelasan/ petunjuk 60% siklus I, 100% siklus II. Keaktifan siswa dalam pembelajaran 45% siklus I, 75% siklus II. Kerjasama siswa dalam berkelompok 50% siklus I, 90% siklus II. Peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran tersebut mengakibatkan hasil belajar IPA siswa juga mengalami peningkatan. Hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 25% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 70% pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 85% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model cooperative learning tipe berpikir-berpasangan-berempat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Negeri 2 Jipangan Banyudono Boyolali tahun pelajaran 2011/ 2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: berpikir-berpasangan-berempat, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Mar 2012 06:48
Last Modified: 27 Mar 2012 06:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17534

Actions (login required)

View Item View Item