Tristiwi, Dwi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Berpikir-Berpasangan-Berempat Pada Murid Kelas IV SDN 2 Jipangan Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (301kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (746kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan model cooperative learning tipe berpikir-berpasangan-berempat. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Jipangan Banyudono Boyolali yang berjumlah 20 siswa.Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Validitas data yang digunakan alnalytical triangulation yang meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik; dan juga validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi Gaya. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa yang mengalami peningkatan pada aspek: tanggungjawab siswa terhadap tugas 60% pada siklus I, 85% pada siklus II. Perhatian siswa terhadap penjelasan/ petunjuk 60% siklus I, 100% siklus II. Keaktifan siswa dalam pembelajaran 45% siklus I, 75% siklus II. Kerjasama siswa dalam berkelompok 50% siklus I, 90% siklus II. Peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran tersebut mengakibatkan hasil belajar IPA siswa juga mengalami peningkatan. Hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 25% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 70% pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 85% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model cooperative learning tipe berpikir-berpasangan-berempat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Negeri 2 Jipangan Banyudono Boyolali tahun pelajaran 2011/ 2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir-berpasangan-berempat, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Mar 2012 06:48 |
Last Modified: | 27 Mar 2012 06:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17534 |
Actions (login required)
View Item |