Pengaruh Permainan Puzzle terhadap Kecerdasan Visual Spasial pada Anak Usia 4–5 Tahun di TK Global Interstudy Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

Widyastuti, Dina Nur (2012) Pengaruh Permainan Puzzle terhadap Kecerdasan Visual Spasial pada Anak Usia 4–5 Tahun di TK Global Interstudy Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (113kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan puzzle terhadap kecerdasan visual spasial. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen jenis Intact Group Comparison. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah anak didik kelas A1 dan A2 di TK Global Interstudy Surakarta tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 30 anak didik yang dibagi menjadi 15 anak untuk kelompok eksperimen dan 15 anak untuk kelompok kontrol. Data diperoleh melalui observasi terhadap kecerdasan visual spasial. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t, dengan taraf signifikansi α= 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung>ttabel yaitu 2,478>2,048 maka Ho ditolak.sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis dalam penelitian ini telah teruji, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara permainan puzzle dengan kecerdasan visual spasial pada anak usia 4–5 tahun di TK Global Interstudy Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012, artinya permainan puzzle lebih berpengaruh positif terhadap kecerdasan visual spasial anak dibanding penggunaan metode konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A520/2012-31
Uncontrolled Keywords: permainan puzzle, kecerdasan visual spasial.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Mar 2012 06:26
Last Modified: 25 Jun 2012 07:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17532

Actions (login required)

View Item View Item