Implementasi metode bercerita untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini TK Kartini 2 Kratonan Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011

Latifah, Umi (2012) Implementasi metode bercerita untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini TK Kartini 2 Kratonan Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (125kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara anak melalui penerapan metode bercerita.Keterampilan berbicara perlu ditingkatkan karena mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam sosialisasi dan interaksi dengan masalah yang dihadapi serta untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah kelompok A di TK Kartini 2 Kratonan Surakarta, Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data tentang penerapan metode bercerita dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Sedangkan data mengenai keterampilan berbicara anak dikumpulkan melalui observasi. Teknik analisis data dalam menggunakan analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara anak didik melalui penerapan metode bercerita. Hal ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil dari setiap aspek yang berkategorikan mampu antara lain, Aspek anak mampu menjawab judul cerita dari siklus I sebesar 53,3% dan siklus II 60% sedangkan pada siklus III 80%, Aspek anak mampu menjawab tokoh dalam cerita dari siklus I sebesar 53,3% dan siklus II sebesar 60% sedangkan pada siklus III 73,3%. Aspek anak mampu menyebut benda dalam cerita dari siklus I sebesar 60% dan siklus II sebesar 66,6% sedangkan pada siklus III 80%, Aspek anak mampu menceritakan kembali cerita secara sederhana dari siklus I sebesar 33,3 dan siklus II sebesar 46,6% sedangkan siklus III 73,3%, Aspek anak mampu menceritakan secara urut siklus I sebesar 26,6 dan siklus II sebesar 46,6% sedangkan siklus III sebesar 73,3%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode berrcerita dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok A di TK Kartini 2 Kratonan Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode bercerita, Keterampilan berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Mar 2012 06:14
Last Modified: 27 Mar 2012 06:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17531

Actions (login required)

View Item View Item