Penigkatan Kemampuan Membaca Huruf Jawa Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Wonoboyo Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012

MARGARENA, SANTI (2012) Penigkatan Kemampuan Membaca Huruf Jawa Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Wonoboyo Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (810kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran_kumplit_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf Jawa pada siswa kelas IV sekolah Dasar Negeri 2 Wonoboyo dengan metode kooperatif tipe think pair sahre . Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode observasi, tes untuk mengukur kemampuan membaca siswa, dan dokumentasi. Variabel yang menjadi sasaran pentelitian adalah kemampuan membaca huruf Jawa. Sebagai subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 2 Wonoboyo, kecamatan Wonogiri yang berjumlah 37 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulakan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca huruf Jawa setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan metode kooperatif tipe think pair share . Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada siklus I rata – rata nilai siswa dari 52,2 menjadi 75,6. Jumlah siswa yang dapat membaca huruf Jawa dengan sandangan sederhana secara baik dan lancar pada siklus I menigkat dari 13 siswa ( 36,1 %) menjadi 22 siswa (61,1 %). Pada siklus II nilai rata – rata siswa meningkat dari 75,6 menjadi 87,2. Jumlah siswa yang dapat membaca huruf Jawa dengan sandangan sederhana secara baik dan lancar meningkat dari 22 siswa (61,1%) menjadi 31 siswa ( 86,1%). Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran Bahasa Jawa dengan metode kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf Jawa pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Wonoboyo, kecamatan Wonogiri tahun pelajaran 2011/2012

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-40
Uncontrolled Keywords: metode kooperatif tipe Think Pair Share, peningkatan kemampuan membaca Huruf Jawa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Mar 2012 05:25
Last Modified: 25 Jun 2012 10:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17526

Actions (login required)

View Item View Item