Widowati, Selvi Nourma (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tangkisan 01 Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (515kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (205kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi melalui metode peta pikiran (mind mapping) pada siswa kelas 4 SD Negeri Tangkisan 01 tahun pelajaran 2011/2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Tangkisan 01. Obyeknya adalah kemampuan siswa menulis. Pada Siklus I menunjukkan peningkatan kemampuan menulis narasi dengan nilai rata-rata 69,1 dan presentase siswa yang mencapai nilai di atas KKM (70) sebanyak 60,7% (17 siswa). Pada Siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan menulis narasi dengan nilai rata-rata 75,4 dan presentase siswa yang mencapai nilai di atas KKM (70) sebanyak 82,1% (23siswa). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis narasi setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan metode peta pikiran (mind mapping)
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan menulis narasi, metode peta pikiran (mind mapping) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 26 Mar 2012 08:59 |
Last Modified: | 26 Mar 2012 08:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17508 |
Actions (login required)
View Item |