Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tangkisan 01 Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012

Widowati, Selvi Nourma (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tangkisan 01 Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (515kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (205kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi melalui metode peta pikiran (mind mapping) pada siswa kelas 4 SD Negeri Tangkisan 01 tahun pelajaran 2011/2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Tangkisan 01. Obyeknya adalah kemampuan siswa menulis. Pada Siklus I menunjukkan peningkatan kemampuan menulis narasi dengan nilai rata-rata 69,1 dan presentase siswa yang mencapai nilai di atas KKM (70) sebanyak 60,7% (17 siswa). Pada Siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan menulis narasi dengan nilai rata-rata 75,4 dan presentase siswa yang mencapai nilai di atas KKM (70) sebanyak 82,1% (23siswa). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis narasi setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan metode peta pikiran (mind mapping)

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis narasi, metode peta pikiran (mind mapping)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 26 Mar 2012 08:59
Last Modified: 26 Mar 2012 08:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17508

Actions (login required)

View Item View Item