Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Example Non example Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Wonokeling Kecamatan jatiyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

KHUSNANTO, DWI (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Example Non example Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Wonokeling Kecamatan jatiyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (123kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika dengan metode example non example pada siswa kelas V di SD Negeri 03 Wonokeling kecamatan Jatiyoso kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Untuk mencapai tujuan pembelajaran di atas, penelitian ini dilakukan dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model kolaborasi dengan guru kelas, mulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Dalam melaksanakan tindakan digunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah panduan pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran, kriteria penilaian Matematika, panduan wawancara dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Sedangkan data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Matematika dengan metode example non example pada siswa kelas V di SD Negeri 03 Wonokeling kecamatan Jatiyoso kabupaten Karanganyar. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar Matematika operasi hitung bilangan bulat yang sebelumnya nilai rata-rata siswa hanya 66,64 (78,57%). Pada siklus I nilai rata-ratanya menjadi 71,82 (92,85%). Pada siklus II nilai rata-rata menjadi 80,21 (100%). Pada penelitian ini ketuntasan hasil belajar Matematika operasi hitung bilangan bulat juga mengalami peningkatan, yang sebelumnya hanya 66,6% atau 6 siswa yang mendapat nilai diatas KKM yaitu 60. Pada siklus I menjadi 92,85% atau 13 siswa yang mendapat nilai diatas KKM, dan pada siklus II menjadi 100% atau 14 siswa yang mendapat nilai diatas KKM. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Matematika setelah diterapkannya metode example non example pada siswa kelas V di SD Negeri 03 Wonokeling Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011 / 2012 dilihat dari nilai rata-rata yang meningkat dan ketuntasan hasil belajar Matematika siswa yang meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode example non example, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Mar 2012 09:28
Last Modified: 26 Mar 2012 09:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17506

Actions (login required)

View Item View Item