KHUSNANTO, DWI (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Example Non example Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Wonokeling Kecamatan jatiyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (123kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (22MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika dengan metode example non example pada siswa kelas V di SD Negeri 03 Wonokeling kecamatan Jatiyoso kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Untuk mencapai tujuan pembelajaran di atas, penelitian ini dilakukan dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model kolaborasi dengan guru kelas, mulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Dalam melaksanakan tindakan digunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah panduan pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran, kriteria penilaian Matematika, panduan wawancara dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Sedangkan data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Matematika dengan metode example non example pada siswa kelas V di SD Negeri 03 Wonokeling kecamatan Jatiyoso kabupaten Karanganyar. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar Matematika operasi hitung bilangan bulat yang sebelumnya nilai rata-rata siswa hanya 66,64 (78,57%). Pada siklus I nilai rata-ratanya menjadi 71,82 (92,85%). Pada siklus II nilai rata-rata menjadi 80,21 (100%). Pada penelitian ini ketuntasan hasil belajar Matematika operasi hitung bilangan bulat juga mengalami peningkatan, yang sebelumnya hanya 66,6% atau 6 siswa yang mendapat nilai diatas KKM yaitu 60. Pada siklus I menjadi 92,85% atau 13 siswa yang mendapat nilai diatas KKM, dan pada siklus II menjadi 100% atau 14 siswa yang mendapat nilai diatas KKM. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Matematika setelah diterapkannya metode example non example pada siswa kelas V di SD Negeri 03 Wonokeling Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011 / 2012 dilihat dari nilai rata-rata yang meningkat dan ketuntasan hasil belajar Matematika siswa yang meningkat.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode example non example, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Mar 2012 09:28 |
Last Modified: | 26 Mar 2012 09:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17506 |
Actions (login required)
View Item |