Wibowo,, Mapan Hari (2012) Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan pembelajaran SETS (science environment technology and society) pada siswa kelas IV SDN Pulokulon 05 tahun ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (327kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Putaka.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran_Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus dapat memilih dan menggunakan beberapa strategi mengajar yang sesuai. Pendekatan pembelajaran SETS (science environment technology and society) sangat tepat dalam membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran IPA. Hal tersebut menarik untuk dikaji dalam bentuk penelitian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolabiratif antara peneliti dan guru kelas IV yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 5 Pulokulon yang berjumlah 23 siswa. Tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan test. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan menjawab hipotesis penelitian yaitu: pendekatan pembelajaran SETS (science environment technology and society) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 5 Pulokulon Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan. Dibuktikan dengan hasil analisis data rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dari hasil pembelajaran siklus I 52,17 % yang tuntas belajar sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 78,26 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran SETS (science environment technology and society) dapat meningkatkan hasil belajar IPA.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPA, pendekatan pembelajaran SETS (science environment technology and society) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Mar 2012 07:45 |
Last Modified: | 26 Mar 2012 07:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17503 |
Actions (login required)
View Item |