Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan pembelajaran SETS (science environment technology and society) pada siswa kelas IV SDN Pulokulon 05 tahun ajaran 2011/2012

Wibowo,, Mapan Hari (2012) Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan pembelajaran SETS (science environment technology and society) pada siswa kelas IV SDN Pulokulon 05 tahun ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (327kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Putaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran_Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus dapat memilih dan menggunakan beberapa strategi mengajar yang sesuai. Pendekatan pembelajaran SETS (science environment technology and society) sangat tepat dalam membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran IPA. Hal tersebut menarik untuk dikaji dalam bentuk penelitian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolabiratif antara peneliti dan guru kelas IV yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 5 Pulokulon yang berjumlah 23 siswa. Tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan test. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan menjawab hipotesis penelitian yaitu: pendekatan pembelajaran SETS (science environment technology and society) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 5 Pulokulon Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan. Dibuktikan dengan hasil analisis data rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dari hasil pembelajaran siklus I 52,17 % yang tuntas belajar sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 78,26 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran SETS (science environment technology and society) dapat meningkatkan hasil belajar IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPA, pendekatan pembelajaran SETS (science environment technology and society)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Mar 2012 07:45
Last Modified: 26 Mar 2012 07:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17503

Actions (login required)

View Item View Item