Meningkatkan kemampuan mengarang mata pelajaran bahasa indonesia melalui metode poster comment dengan gambar berseri pada siswa kelas IV SD negeri 3 Purwantoro Wonogiri tahun ajaran 2011/ 2012

Istiadi, Rifky Khaerul (2012) Meningkatkan kemampuan mengarang mata pelajaran bahasa indonesia melalui metode poster comment dengan gambar berseri pada siswa kelas IV SD negeri 3 Purwantoro Wonogiri tahun ajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
(1)_LAMPIRAN_DEPAN.pdf

Download (327kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
(2)_BAB_I.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Bab II)
(3)_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab III)
(4)_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab IV)
(5)_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] PDF (Bab V)
(6)_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
(7)_Daftar_Pustaka.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran )
(8)_LAMPIRAN_BELAKANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan mengarang dalam mata pelajaran bahasa Indonesia melalui penerapan metode poster comment dengan menggunakan gambar berseri pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Purwantoro Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian kolaboratif antara peneliti sebagai pelaku tindakan dan guru kelas sebagai subyek yang membantu pelaksanaan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Purwantoro dan guru kelas IV. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Langkah-langkah penelitian tindakan kelas ini meliputi 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan setiap siklus hanya sekali pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini menghasilkan rata-rata nilai prasiklus 54,31 dengan ketuntatasan belajar yang diperoleh 29,17 %, pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh 67,05 dengan ketuntasan belajar 73,03 %, dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh 70,19 dengan ketuntasan belajar 84,61 %. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan nilai mengarang siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode poster comment dengan menggunakan gambar berseri dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan mengarang siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan mengarang, metode poster comment, gambar berseri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 26 Mar 2012 05:35
Last Modified: 26 Mar 2012 05:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17494

Actions (login required)

View Item View Item