Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Reading and Composition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Pajang III Surakarta Tahun 2011/ 2012

Kurniawan,, Taufik Azis (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Reading and Composition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Pajang III Surakarta Tahun 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (168kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (874kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Pajang III Surakarta melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Reading and Composition). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 (dua) siklus. Subyek penelitian yang adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri pajang III Surakarta yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data digunakan melalui metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini telah mampu menjawab hipotesis “bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas IV SD Negeri Pajang III tahun 2011/ 2012. Dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang meningkat dari keadaan prasiklus adalah 44,74%, pada siklus I menjadi 73,67%, dan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 94,60%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas IV SD Negeri Pajang III tahun 2011/ 2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition), Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Mar 2012 06:53
Last Modified: 24 Mar 2012 06:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17488

Actions (login required)

View Item View Item