Wulandari, Septika (2012) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Strategi Pembelajaran Think Talk Write Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Ngemplak Kecamatan Karangpandan Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (201kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (146kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (112kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menggunakan strategi pembelajaran TTW (Think Talk Write) pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Ngemplak semester genap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah guru kelas dan siswa kelas IV SD Negeri 01 Ngemplak yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data digunakan melalui metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah ada peningkatan hasil belajar PKn yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator hasil belajar PKn meliputi: 1) keaktifan siswa mengerjakan soal sebelum tindakan 45,5 %, siklus I 95,5 %, dan siklus II 100 %, 2) mengemukakan pendapat sebelum tindakan 9,1 %, siklus I 22,7 %, dan siklus II 59,1%, 3) Keaktifan siswa dalam bertanya sebelum tindakan 0 %, siklus I 22,7 %, dan siklus II 31,8 %, 4) daya serap hasil belajar sebelum tindakan 13,6 %, siklus I 59,1 %, dan siklus II 86,4 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui strategi pembelajaran Think Talk Write dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV semester genap SD Negeri 01 Ngemplak tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, strategi pembelajaran Think Talk Write |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Mar 2012 06:36 |
Last Modified: | 24 Mar 2012 06:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17487 |
Actions (login required)
View Item |