Pratiwi, Candra Wahyu (2012) Meningkatkan Kemampuan Memahami Cerita Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 20011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
00._HALAMN_DEPAN.pdf Download (104kB) |
|
|
PDF (Bab I)
01._BAB_I_.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Bab II)
02._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab III)
03._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
PDF (Bab IV)
04._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
||
PDF (Bab V)
05._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
06._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
07._LAMPIRAN_.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan memahami cerita melalui penerapan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) siswa kelas IV SD Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 7 Surakarta yang berjumlah 18 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik tiangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik triangulasi sumber adalah teknik pengumpulan data yang berupa informasi dari guru, dan siswa tentang tindakan yang diterapkan. Triangulasi metode digunakan untuk mengumpulkan data dari hasil observasi, dokumen, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan memahami cerita dengan materi ringkasan cerita. Hal ini dapat dilihat dari tahap sebelum tindakan diperoleh rata-rata siswa adalah 60,5 dan jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 8 siswa atau 44.44%. Pada siklus I rata-rata nilai meningkat menjadi 70,22 dan jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 12 siswa atau 66.66%, dan pada siklus II rata-rata nilai meningkat menjadi 80,5 sedangkan jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 16 siswa atau 88.89%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan kemampuan memahami cerita pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi ringkasan cerita.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan memahami cerita, metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Mar 2012 06:19 |
Last Modified: | 24 Mar 2012 06:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17486 |
Actions (login required)
View Item |