PURWANTININGSIH, DIAH AYU (2012) Penerapan Strategi Learning Starts With A Question LSQ)ikolaborasikan dengan Strategi Index Card Match Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (395kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (43kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan khusus yaitu untuk meningkatkan keaktifan melalui penerapan strategi Learning Starts With A Question (LSQ) dikolaborasikan dengan strategi Index Card Match dalam pembelajaran PKn pada siswa Kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012. Kurangnya keaktifan siswa disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional yaitu metode ceramah dan tanya jawab. Solusi dalam mengatasi hal tersebut yaitu dengan penerapan strategi kolaborasi antara Learning Starts With A Question (LSQ) dengan strategi Index Card Match. Subjek penelitian yang menerima tindakan penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ 2 yang berjumlah 36 siswa. Prosedur penelitian ini secara garis besar melalui empat tahapan antara lain, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan metode observasi. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi yaitu, sumber data yang berupa informasi dari guru PKn dan siswa Kelas X TKJ 2, dan triangulasi teknik pengumpulan data dari hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini diperoleh perincian sebagai berikut, pada kondisi awal sebelum tindakan, yang aktif 10 siswa (27,78%) dan yang pasif 26 siswa (72,22%) dari 36 siswa, kemudian setelah penelitian tindakan pada siklus I, yang aktif 18 siswa (52,94%) dan yang pasif 16 siswa (47,06%) dari 34 siswa. Pada tindakan siklus II, yang aktif 31 siswa (88,57%) dan yang pasif 4 siswa (11,43%) dari 35 siswa yang hadir. Berdasarkan hasil tersebut, maka melalui penerapan strategi Learning Starts With A Question (LSQ) dikolaborasikan dengan strategi Index Card Match terbukti dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran PKn pada siswa Kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A220/2012-15 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Learning Starts With A Question (LSQ), Strategi Index Card Match, Keaktifan Siswa dan PKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 22 Mar 2012 11:01 |
Last Modified: | 18 Jun 2012 08:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17478 |
Actions (login required)
View Item |