Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Jabung Gantiwarno Klaten Tahun Ajaran 2011/2012

Ningrum, Dian Puspita (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Jabung Gantiwarno Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammaadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (293kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
03._BAB_I.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (Bab.II)
04._BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab.III)
05._BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab.IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF (Bab.V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa indonesia melalui model pembelajaran tipe Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) pada siswa kelas V SD Negeri 1 Jabung Gantiwarno Klaten semester genap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Jabung Gantiwarno yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data digunakan melalui metode observasi, tes, wwancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa indonesia yang dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator yang mencakup: 1) ketepatan siswa membaca sesuai dengan intonasi sebelum tindakan sebesar 20%, siklus I 35%, siklus II 50%. 2) Kemampuan siswa menerapkan tanda baca pada saat membaca sebelum tindakan 20%, siklus I 30%, siklus II 60%. 3) Aktivitas siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 5%, siklus I 15%, siklus II 35%. 4) Kemampuan siswa dalam memahami/menjawab pertanyaan sesuai bacaan sebelum tindakan sebesar 50%, siklus I 60%, siklus II 85%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui model pembelajaran tipe CIRC dalam pembelajaran bahasa indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada kelas V semester genap SD Negeri 1 Jabung Gantiwarno tahun ajaran 2011/ 2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca pemahaman, model pembelajaran cooperative integrated reading composition (CIRC), peningkatan hasil membaca pemahaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 20 Mar 2012 10:38
Last Modified: 20 Mar 2012 10:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17427

Actions (login required)

View Item View Item