Ummah , Ishlahatul (2012) TELAAH KURIKULUM DI SDIT AR-RISALAH SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010-2011. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (haldepan)
halaman_depan.pdf Download (84kB) |
|
|
PDF (bab1)
BAB_I.pdf Download (73kB) |
|
PDF (bab2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (bab3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF (bab4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (bab5)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (daftarpustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kurikulum terpadu adalah penggabungan beberapa mata pelajaran dan mengaitkan antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya sehingga seolah tidak ada batas antar bidang studi tersebut tanpa meninggalkan esensi dari mengarahkan peserta didik untuk beribadah kepada Allah SWT melalui sebuah pembelajaran terpadu. Dalam penelitian ini masalah yang dikaji adalah pengembangan pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Terpadu dan model serta karakteristik Kurikulum Terpadu di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Risalah Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan pembelajaran dan implementasi kurikulum terpadu di SDIT Ar-Risalah Surakarta serta model dan karakteristik dalam kurikulum terpadu di SDIT Ar-Risalah Surakarta. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah memberikan kontribusi berupa penyajian informasi ilmiah untuk menyempurnakan pelaksanaan kurikulum di SDIT Ar-Risalah Surakarta serta memberikan pengetahuan tentang bagaimana pelaksanaan kurikulum di SDIT Ar-Risalah Surakarta khususnya dan sekolah lain pada umumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisa data yang digunakan dengan metode deskriptif kualitatif dengan cara berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Jenis kurikulum yang telah diterapkan di SDIT Ar-Risalah Surakarta sesuai dengan jenis kurikulum terpadu (Integrated Curiculum). Dan dalam pelaksanaanya pun sesuai dengan karakteristik kurikulum terpadu dan prinsip kurikulum terpadu, yaitu tidak adanya dikotomi ilmu (pemisahan ilmu) dalam proses belajar. 2) Pengembangan pembelajaran yang diterapkan di SDIT Ar- Risalah Surakarta menggunakan jenis pembelajaran terpadu yaitu pembelajaran terkait (the connected model) untuk siswa kelas 1, 2, dan 3 serta model tematik (the integrated model) untuk siswa kelas 4, 5 dan 6. 3) Implementasi Kurikulum Terpadu di SDIT Ar-Risalah Surakarta telah berjalan dengan maksimal. Ini terlihat dari komponen-komponen yang mendukung penerapan Kuirikulum Terpadu di SDIT Ar-Risalah Surakarta yaitu meliputi tujuan pendidkan, kerangkan dasar kurikulum, struktur dan muatan kurikulum, beban belajar, kalender pendidikan, pengembangan silabus, Rencana Pelaksanan Pembelajaran, proses pembelajaran, sumber belajar, dan evaluasi kurikulum. Meskipun masih banyak hal-hal yang perlu diperbaiki lagi untuk pelaksanaan kedepan.
Item Type: | Karya ilmiah (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Terpadu |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 20 Mar 2012 09:57 |
Last Modified: | 20 Mar 2012 09:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17419 |
Actions (login required)
View Item |