Andriastuti, Vivin (2012) Implementasi Pembelajaran Inovatif Berbasis Deep Dialogue untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Belajar Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII Semester Gasal di SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
2._LAMPIRAN_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (124kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (35kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab III)
3._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab IV)
3._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab V)
3._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
4._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (911kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar matematika setelah dilakukan pembelajaran berbasis deep dialogue (dialogmendalam /DD). Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitati fberdesain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika. Subyek penerima tindaka nadalah siswa kelas VII B SMP Negeri2 Kartasura yang berjumlah 40 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas VIIB sedangkan peneliti sebagai observer. Obyek penelitian adalah aktivitas siswa dalam belajar matematika dengan menggunakan pendekatan deep dialogue. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi.Teknikanalisis data yang digunakan adalah dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkana danya peningkatan aktivitas siswa dalam belajar matematika dengan pendekatandeep dialogue.Hal inidapatdilihatdari indikator: 1) kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan12, 5% dan diakhir tindakan 27,5%, 2) kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat sebelum tindakan 7,5% dan diakhir tindakan 30%, 3) kemampuan siswa mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 20% dan diakhir tindakan 45%, serta 4) kemampuan siswa dalam menanggapi dan menjawab pertanyaan sebelum tindakan12,5% dan diakhir tindakan 42,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pembelajaran inovatif berbasis deep dialogue dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A410/2012-29 |
Uncontrolled Keywords: | aktivitas siswa, deep dialogue. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 20 Mar 2012 05:52 |
Last Modified: | 21 Jun 2012 06:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17407 |
Actions (login required)
View Item |