Implementasi Pembelajaran Inovatif Berbasis Deep Dialogue untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Belajar Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII Semester Gasal di SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012)

Andriastuti, Vivin (2012) Implementasi Pembelajaran Inovatif Berbasis Deep Dialogue untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Belajar Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII Semester Gasal di SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
2._LAMPIRAN_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (124kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab III)
3._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
3._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab V)
3._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
4._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar matematika setelah dilakukan pembelajaran berbasis deep dialogue (dialogmendalam /DD). Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitati fberdesain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika. Subyek penerima tindaka nadalah siswa kelas VII B SMP Negeri2 Kartasura yang berjumlah 40 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas VIIB sedangkan peneliti sebagai observer. Obyek penelitian adalah aktivitas siswa dalam belajar matematika dengan menggunakan pendekatan deep dialogue. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi.Teknikanalisis data yang digunakan adalah dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkana danya peningkatan aktivitas siswa dalam belajar matematika dengan pendekatandeep dialogue.Hal inidapatdilihatdari indikator: 1) kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan12, 5% dan diakhir tindakan 27,5%, 2) kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat sebelum tindakan 7,5% dan diakhir tindakan 30%, 3) kemampuan siswa mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 20% dan diakhir tindakan 45%, serta 4) kemampuan siswa dalam menanggapi dan menjawab pertanyaan sebelum tindakan12,5% dan diakhir tindakan 42,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pembelajaran inovatif berbasis deep dialogue dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A410/2012-29
Uncontrolled Keywords: aktivitas siswa, deep dialogue.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 20 Mar 2012 05:52
Last Modified: 21 Jun 2012 06:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17407

Actions (login required)

View Item View Item