Sukatmi, Sukatmi (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPS pada Materi Keragaman Suku dan Budaya Indonesia dengan Penerapan Metode Two Stay-Two Stray Siswa Kelas V SD Negeri 03 Kalijirak Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (139kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (66kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 03 Kalijirak tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS pada materi Keragaman Suku dan Budaya Indonesia melalui penerapan metode Two Stay-Two Stray siswa kelas V SD Negeri 03 Kalijirak tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas bersifat kolaboratif, peneliti berkolaborasi dengan guru kelas V. Subyek penelitian adalah peneliti sebagai pelaku tindakan kelas dan siswa kelas V SD Negeri 03 Kalijirak. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model Penelitian Tindakan Kelas dengan beberapa siklus pembelajaran. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif mempunyai empat buah komponen pokok yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS siswa Kelas V SD Negeri 03 Kalijirak melalui penerapan metode Two Stay-Two Stray. Hasil penelitian membuktikan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 72,4% dan meningkat pada siklus II sebesar 93%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | two stay two stray, hasil belajar siswa, metode pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Mar 2012 04:13 |
Last Modified: | 20 Mar 2012 04:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17401 |
Actions (login required)
View Item |