Peningkatan Komunikasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Eliciting Activity Bagi Siswa Kelas Viii Semester Gasal Smp Negeri 2 Wedi Klaten Tahun 2011

RIZKI , RATIH SEPTIAN (2012) Peningkatan Komunikasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Eliciting Activity Bagi Siswa Kelas Viii Semester Gasal Smp Negeri 2 Wedi Klaten Tahun 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (69kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan komunikasi belajar matematika siswa melalui strategi pembelajaran Eliciting Activity . Jenis penelitian ini penelitian tindakan kela s yang dilaksanakan dalam dua putaran. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII E SMP N 2 Wedi Klaten sebagai pemberi tindakan dan siswa kelas VIII E yang berjumlah 39 orang sebagai penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode al ur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini: 1) Adanya peningka tan kemauan siswa dalam mengajukan pertanyaan, meningkat dari 15,38% me njadi 58,97%. 2) Adanya peningkatan kemauan siswa dalam menjawab pertanyaan, meningkat dari 7,69% menjadi 48,72%. 3) Adanya peningkatan siswa dalam mengemukakan pendapat, meningkat dari 12,82% menjadi 51,28%. 4) Adanya peningkatan kerjasama siswa dalam diskusi, meningkat dari 38,46% menjadi 82,05%. 5) Adanya peningkatan keberanian siswa dalam mempresentasik an hasil diskusi, meningkat dari 12,82% menjadi 53,85%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui strategi Eliciting Activity dalam pembelajaran matematika da pat meningkatkan komunikasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A410/2012-27
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Belajar, Strategi Eliciting Activity.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2012 11:27
Last Modified: 21 Jun 2012 07:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17400

Actions (login required)

View Item View Item