Kristanti, Wening (2012) Peningkatan Motivasi Belajar IPS melalui Pendekatan Pembelajaran Resource Based Learning pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Nglebak Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
01._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (326kB) |
|
|
PDF (Bab I)
02._BAB__I.pdf Download (41kB) |
|
PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
08._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS kelas IV SD Negeri 03 Nglebak Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun 2011/2012. Penelitian ini melalui penerapan pendekatan pembelajaran Resource Based Learning pada materi pokok koperasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua (2) siklus, dengan subyek penelitian guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Nglebak Hasil penelitian sebelum pelaksanaan siklus diperoleh hasil bahwa sebesar 53,33% (7 siswa) mendapat nilai ≥66 (KKM) dari 15 siswa. Dalam pelaksanaan siklus I hasil belajar aspek kognitif siswa meningkat menjadi 60% (9 siswa) dari 15 siswa, sedangkan dalam motivasi siswa sebesar 80% (12 siswa) siswa yang mempersiapkan perlengkapan pelajaran, 53,33% (8 siswa) memberi tanggapan pada guru atau siswa lain, 60% (9 siswa) menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain, 86,66% (13siswa) mengerjakan latihan soal dan tugas yang diberikan guru, 46,66% (7 siswa) menanyakan materi yang belum jelas. Pada pelaksanaan siklus II hasil belajar aspek kognitif siswa mengalami peningkatan sebesar 20% dari siklus I menjadi 80% (12 siswa) dari 15 siswa. Dalam motivasi juga mengalami peningkatan pada pelaksanaan siklus II ini, yaitu siswa siswa yang mempersiapkan perlengkapan pelajaran meningkat sebesar 6.66% menjadi 86,66% (13 siswa), ) memberi tanggapan pada guru atau siswa lain meningkat sebesar 13,33% menjadi 66,66% (10 siswa), menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain meningkat sebesar 20% menjadi 80% (12 siswa), mengerjakan latihan soal dan tugas yang diberikan guru meningkat sebesar 6,67% menjadi 93,33% (14 siswa), menanyakan materi yang belum jelas meningkat sebesar 26,67% menjadi 73,33% (11 siswa). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran Resource Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS kelas IV SD Negeri 03 Nglebak Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan pembelajaran Resource Based Learning, Hasil belajar, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Mar 2012 10:18 |
Last Modified: | 19 Mar 2012 10:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17386 |
Actions (login required)
View Item |