Meningkatkan hasil belajar PKn dengan metode Deep Dialogue pada siswa kelas V SD Negeri 02 Gebyog Kecamatan Mojogedang Tahun pelajaran 2011 / 2012

GUNTORO, ARY SENO (2012) Meningkatkan hasil belajar PKn dengan metode Deep Dialogue pada siswa kelas V SD Negeri 02 Gebyog Kecamatan Mojogedang Tahun pelajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (145kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn materi Berorganisasi melalui penerapan metode Deep Dialogue pada siswa kelas V SD Negeri 02 Gebyog Kecamatan Mojogedang tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Gebyog. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, wawancara, observasi . Validitas data di ukur dengan trianggulasi metode, dan trianggulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, data awal nilai siswa yang mencapai ketuntasan minimal 70 adalah 52,94%, pada siklus I nilai hasil belajar meningkat menjadi 64,70%, pengelolaan proses pembelajaran guru adalah 7 (cukup) dan keaktifan siswa 6,57 (cukup). Pada siklus II nilai hasil belajar mencapai indikator pencapaian yaitu 85 % siswa mencapai nilai di atas nilai KKM 70, nilai hasil belajar siswa mencapai 88,23%, pengelolaan proses pembelajaran guru menjadi 8,5 (baik) dan keaktifan siswa menjadi 8,28 (baik). Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode deep dialogue dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri 02 Gebyog Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Deep Dialogue
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 19 Mar 2012 10:05
Last Modified: 19 Mar 2012 10:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17384

Actions (login required)

View Item View Item