Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Media Pembelajaran Ular Tangga (PTK pada Kelas II SD Negeri 1 Klepu Ceper KlatenTahun Ajaran 2011/2012)

Wahyuningsih, Dian (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Media Pembelajaran Ular Tangga (PTK pada Kelas II SD Negeri 1 Klepu Ceper KlatenTahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (169kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dengan menggunakan media pembelajaran Ular Tangga pada siswa kelas II SD Negeri 1 Klepu Ceper Klaten semester genap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas II SD Negeri 1 Klepu Ceper Klaten yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data digunakan melalui metode tes, observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah ada peningkatan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator hasil belajar Matematika meliputi: 1) keaktifan siswa mengerjakan soal sebelum tindakan 55,5 %, siklus I 92,5 %, dan siklus II 100 %, 2) mengemukakan pendapat sebelum tindakan 18,5 %, siklus I 44 %, dan siklus II 62,9 %, 3) Keaktifan siswa dalam bertanya sebelum tindakan 0 %, siklus I 25,9 %, dan siklus II 37 %, 4) daya serap hasil belajar sebelum tindakan 37 %, siklus I 74 %, dan siklus II 88,8 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui media pembelajaran Ular Tangga dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas II semester genap SD Negeri 1 Klepu tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pembelajaran Ular Tangga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Mar 2012 10:04
Last Modified: 19 Mar 2012 10:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17383

Actions (login required)

View Item View Item