RIVAI, RIVAI (2012) Peningkatan Kemampuan Vocabulary Melalui Penggunaan Kamus Unik pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Kedungjeruk Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_depan.pdf Download (136kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (131kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (85kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (786kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan kamus unik dalam peningkatkan kemampuan vocabulary pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Kedungjeruk Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012; untuk menjelaskan proses implementasi penggunaan kamus unik dalam peningkatkan kemampuan vocabulary pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Kedungjeruk Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Kedungjeruk. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data di ukur dengan trianggulasi metode, dan trianggulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis kritis dan analisis komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, data awal nilai siswa yang mencapai ketuntasan minimal 64 adalah 61,76%, pada siklus I nilai hasil belajar meningkat menjadi 82,35%, pengelolaan proses pembelajaran guru adalah 7 (cukup) dan keaktifan siswa 6,57 (cukup). Pada siklus II nilai hasil belajar mencapai indikator pencapaian yaitu 85 % siswa mencapai nilai di atas nilai KKM, nilai hasil belajar mencapai 91,15%, pengelolaan proses pembelajaran guru menjadi 8,5 (baik) dan keaktifan siswa menjadi 8,28 (baik). Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan kamus unik dapat meningkatkan kemampuan vocabulary pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Kedungjeruk Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012; 2) dapat diketahui bagaimana proses implementasi penggunaan kamus unik dalam peningkatkan kemampuan vocabulary pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Kedungjeruk Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A510/2012-24 |
Uncontrolled Keywords: | kamus unik, vocabulary |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Mar 2012 09:47 |
Last Modified: | 25 Jun 2012 10:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17379 |
Actions (login required)
View Item |