Yulianingsih, Yulianingsih (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Giving Question and Getting Answers Dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD Negeri I Pokoh Kidul Wonogiri Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
01._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (71kB) |
|
|
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran )
08._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA menggunakan metode Giving Question and Getting Answers. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri I Pokoh Kidul Wonogiri yang berjumlah 32 siswa, 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan berbagai bentuk energi dan kegunaannya. Hal ini dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar siswa sebelum putaran hanya 37,5% setelah dilakukan putaran I meningkat menjadi 62,5% dan pada putaran II meningkat menjadi 96,87%. Selain itu nilai rata-rata siswa setelah dikenai tindakan juga mengalami peningkatan. Dapat dilihat dari nilai rata-rata sebelum putaran sebesar 54,25, setelah dilakukan tindakan putaran I meningkat menjadi 60,87 dan pada putaran II meningkat menjadi 75,68. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran berbasis giving question and getting answers dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, giving question and getting answers, pembelajaran |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 19 Mar 2012 08:19 |
Last Modified: | 19 Mar 2012 11:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17375 |
Actions (login required)
View Item |