Wantini, Wantini (2012) Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Aktif Guided Note Takinhg (Catatan terbimbibg) (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII Semester Gasal SMPN 2 KartasuraTahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (124kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03.__BAB_1.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRANi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan strategi pembelajaran aktif guided note taking. Pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif, sedang desain penelitiannya adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Kartasura yang berjumlah 40 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial. Hal ini dapat dilihat dari: 1) kemampuan siswa dalam membedakan serta menerapkan konsep secara tepat dalam menyelesaikan soal matematika sebelum tindakan 32,5% dan setelah tindakan menjadi 75%, 2) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan menjadi 55%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif guided note taking dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman konsep, guided note taking |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Mar 2012 07:13 |
Last Modified: | 19 Mar 2012 12:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17369 |
Actions (login required)
View Item |