Rina, Rina (2012) Upaya Peningkatan Aktivitas Proses Belajar Siswa Melalui Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD)pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (496kB) |
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
PDF (Lampiran )
09._Lampiran_.pdf Restricted to Repository staff only Download (777kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas proses belajar siswa dalam proses pembelajaran Ekonomi melalui metode STAD pada siswa kelas X SMA Negeri Karangpandan tahun ajaran 2011 / 2012. Penelitian menggunakan jenis Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dimana masing – masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi tindakan. Obyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-2 SMA Negeri Karangpandan tahun ajaran 2011 / 2012 sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu peningkatan aktivitas proses belajar siswa melalui metode STAD pada siswa kelas X SMA Negeri Karangpandan tahun ajaran 2011 / 2012. Hal ini didukung oleh fakta – fakta sebagai berikut: keaktifan bertanya sebelum penelitian hanya 14 siswa ( 38% ) setelah tindakan siklus I menjadi 20 siswa ( 55% ) dan setelah tindakan siklus II meningkat menjadi 31 siswa ( 86% ). Keaktifan mengemukakan pendapat sebelum penelitian hanya 9 siswa ( 25% ), setelah tindakan siklus I menjadi 15 siswa ( 41% ) dan setelah tindakan siklus II meningkat menjadi 27 siswa ( 75% ). Keaktifan bertanya sebelum tindakan penelitian hanya 12 siswa ( 33% ), setelah tindakan siklus I menjadi 16 siswa ( 44% ) dan setelah tindakan siklus II meningkat menjadi 28 siswa ( 77% ). Keaktifan mengerjakan soal secara mandiri sebelum penelitian hanya 13 siswa ( 36% ), setelah tindakan siklus I menjadi 18 siswa ( 50% ) dan setelah tindakan siklus II meningkat menjadi 33 siswa ( 91% ).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A210/2012-024 |
Uncontrolled Keywords: | Metode STAD, Aktivitas Proses Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 17 Mar 2012 06:17 |
Last Modified: | 18 Jun 2012 06:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17353 |
Actions (login required)
View Item |