Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau dari Pemberian tugas dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wedi Tahun Ajaran 2010/2011

Setyaningsih,, Hapsari Retno (2012) Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau dari Pemberian tugas dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wedi Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
halaman_depan.pdf

Download (312kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (231kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh pemberian tugas terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wedi tahun ajaran 2010/2011; 2) Pengaruh keaktifan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wedi tahun ajaran 2010/2011; 3) Pengaruh pemberian tugas dan keaktifan balajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wedi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wedi. Sampel diambil sebanyak 65 siswa dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 35,370 + 0,506X1 + 0,406X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh pemberian tugas dan keaktifan belajar siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan pemberian tugas terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wedi. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 5,519 > 1,999 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 28,77%; 2) Ada pengaruh yang signifikan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wedi. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,626 > 1,999 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 20,83%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara pemberian tugas dan keaktifan belajar siswa. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 30,483 > 3,145 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,496. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,496 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara pemberian tugas dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 49,6%, sedangkan 50,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberian Tugas, Keaktifan Belajar Siswa, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 17 Mar 2012 05:30
Last Modified: 17 Mar 2012 10:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17352

Actions (login required)

View Item View Item