Setyagama, Yoga (2011) Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN Cepokosawit II Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
02._Halaman_Judul.pdf Download (247kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._Bab_I.pdf Download (175kB) |
|
PDF (Bab II)
04._Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
||
PDF (Bab III)
05._Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
||
PDF (Bab V)
07._Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (112kB) |
|
PDF (Lampiran )
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan dalam peneltian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing pada siswa kelas V SDN Cepokosawit II, Sawit, Boyolali. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Cepokosawit II yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata siswa 57,80 dengan persentase ketuntasan sebesar 56,25%, siklus I nilai rata-rata kelas 68,125 dengan persentase ketuntasan sebesar 68,75%, siklus II nilai rata-rata kelas 77,25 dengan presentase ketuntasan sebesar 81,25%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Cepokosawit II Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 16 Mar 2012 08:48 |
Last Modified: | 16 Mar 2012 08:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17347 |
Actions (login required)
View Item |